Wednesday, January 16, 2013

MEMBUAT WEB SERVER DI LINUX (UBUNTU)



Membuat Web Server di Linux (Ubuntu) - Mungkin bagi teman-teman yang sering otak-atik pemrograman web seperti php (Personal Home Page) atau pemrograman web lainnya, sudah tidak asing lagi kalau mendengar istilah web server. Kalau di windows mungkin teman-teman udah biasa membuatnya tapi bagaimana halnya di Linux? Udah biasa juga atau belum? Ngaku aja deeeehhhhhhhhhhh....... :)


Berikut ini saya akan sedikit berbagi tau bagaimana membuat web server di Linux dan mudah-mudahan bisa membantu teman-teman semua dalam belajar pemrograman web. Jangan lupa untuk laptop atau komputer kita harus terkoneksi internet terlebih dahulu karena file-file yang akan kita instal seperti apache, php dan server database nanti langsung didownload dari internet, sebenarnya ada cara lain untuk mendapatkan file-file untuk tersebut yaitu dengan DVD repositorinya Linux, tapi untuk cara tersebut akan saya bahas lain waktu aja.

Langsung aja dari pada kelamaan, teman-teman pengen segera tau bagaimana cara membuat web server di Linux, berikut ini langkah-langkahnya :

Pertama instal dulu web server apache
Command : # sudo apt-get install apache2

Kedua install database server
Command : # sudo apt-get install mysql-server

Kemudian install php untuk apache
Command : # sudo apt-get install php5

Selanjutnya instal mysql untuk apache
Command : # apt-get install libapache-mod-acct-mysql
Command : # apt-get install php5-mysql

Sebagai tambahan juga silahkan tes terlebih dahulu apakah web server yang telah teman-teman buat tadi sukses atau tidak dengan cara ketikkan alamat di browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, Safari, dll) dengan URL :

http://localhost

Jika telah tampil tulisan "it work", berarti instalasi yang baru saja teman-teman lakukan telah berhasil dan untuk htdoc (directory tempat menyimpan file web) di Linux adalah :

/var/www/

Oke, sudah selesai... :)

No comments:

Post a Comment